8 Cara Sederhana Mendapatkan Ide Tulisan

Seseorang pernah bertanya kepadaku tentang menulis sebuah cerita idenya dapat dari mana, aku tersenyum dan mulai berpikir, sebenarnya aku gak menargetkan harus menulis dari mana atau tentang apa, semuanya mengalir begitu saja.

Kemudian kita berbincang lumayan lama, bahwa banyak hal yang selalu berhasil membuatku menemukan ide tersebut. Tentu banyak penulis lain yang punya sumber inspirasinya masing-masing, dan itu bisa saja berbeda satu dari yang lain. Nah, kali ini aku akan membahas beberapa hal atau kejadian yang bisa membuatku menemukan ide dan inspirasi menulis sebuah cerita. Lets check it out!

1. Pengalaman pribadi

pexels-photo-636243
via pexels.com

Tiap manusia yang hidup memiliki cerita. Alur kehidupan itu sendiri sudah sebuah cerita dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan bisa dijadikan inspirasi lho. Salah satu cerita yang aku buat berdasarkan pengalaman pribadi ini adalah Skripsi Queen. Aku menulis sebuah cerita based on true story yang benar-benar sedang aku alami.

Kenapa bisa diangkat menjadi sebuah cerita? Karena kejadian tersebut lebih relate, memiliki plot dan alur yang bisa menimbulkan emosi. Terlebih lagi pengalaman pribadi dapat lebih mudah dieksplorasi, lebih jujur, dan lebih bebas berekpresi, kan? Nah, gak perlu jauh-jauh nyari inspirasi kalau pengalaman pribadi pun bisa dijadikan bahan cerita.

2. Khayalan

pexels-photo-544117
via pexels.com

Aku punya kebiasaan mengkhayal. Kadang meski gak pengin melamun, tapi pikiran kayak udah disetting untuk membuat sebuah dialog atau sebuah awal pembuka cerita. Mengkhayal ini gak pandang tempat, gak pandang lagi ngapain, dan gak pandang lagi belajar. Bahkan saat dosen lagi cuap-cuap di depan kelas, aku justru asik merangkai kata dan cerita dalam pikiran.

Salah satu cerita yang berdasarkan khayalan ini berjudul Tempat Terjauh. Semua karakter, setting, cerita, berdasarkan imajinasi. Kalimat dan alurnya pun benar-benar fantasi. Ini mengasyikkan lho karena kita bebas menciptakan benda-benda bisa bicara atau memiliki perasaan.

3. Lagu

pexels-photo-374703
via pexels.com

Mengalir banget nih ide kalau denger lagu yang pas dihati. Gak menulis aja sih, kalau denger lagu yang relate sama kejadian yang dialami, pasti kamu juga jadi suka dan terngiang-ngiang lagu itu. Termasuk dalam hal ide menulis. Ini berlaku ketika aku menulis Kedai Kopi Gayo.

Ide mendasar dari cerita itu adalah tentang sepasang kekasih yang belum bisa move on. Kemudian aku lagi denger lagu-lagunya Raisa. Ketemulah Kali Kedua yang mewakili perasaan dua tokoh utama cerita tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa lagu memang ampuh mewakili perasaan, jadi per bait lagu bisa dijadikan sebuah adegan. Menarik, kan?

4. Film

Poster-Film-Ada-Apa-Dengan-Cinta
via polka.id

Adegan dalam sebuah film yang ditonton, atau pesan moral yang diambil dari sebuah film bisa mendatangkan inspirasi. Apalagi buat aku yang melankolis gini, gampang banget terenyuh sama adegan-adegan sedih. Salah satu cerita yang dibuat berdasarkan film ini adalah Logical Love Code.

Meneruskan sebuah cerita berdasarkan adegan atau dialog tokoh utama punya kesulitan tersendiri lho. Terlebih supaya karakter sang tokoh ini tetap sama seperti dalam film. Kalau berubah, bisa saja pembaca jadi kebingungan dengan dekripsi yang kamu buat. Makanya untuk cerita tentang Cinta dan Rangga ini aku tetap membuat penokohan persis dengan film mereka yang fenomenal itu.

5. Benda-benda tidak terduga

eat-sugar-calories-food-40834
via pexels.com

Bus kota, gedung pencakar langit, makanan, orang-orang di jalan raya, semuanya bisa dijadikan inspirasi. Benda-benda tidak terduga ini bisa menjadi ide cerita karena berhubungan dengan khayalan. Atau terkadang karena kamu mengalami kejadian yang menurutmu menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita.

Contoh sederhananya adalah ceritaku yang berjudul Arum Manis. Inti cerita yang aku ingin sampaikan sebenarnya simple saja, aku ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa kebahagiaan itu sederhana, gak perlu hal-hal mewah, atau uang. Karena kalau kita bersyukur dengan apa yang kita miliki, kamu akan mendapatkan arti sebenarnya dari sebuah kebahagiaan.

6. Kejadian alam

pexels-photo-125510
via pexels.com

Hujan, mendung, terik, senja, malam, siang, pagi; jika diperhatikan, semua kejadian alam sangat menarik untuk dibahas. Mungkin yang paling kamu sering jumpai adalah tulisan dengan latar hujan dan senja. Karena memang dua momen itu sangat romantis untuk dijadikan sebagai latar suasana kisah percintaan. Meleleh udah kalau lihat fenomena senja.

Bisa ditengok cerita yang aku buat berdasarkan kejadian alam ini yang berjudul Kereta Datang Terlambat. Mengisahkan tentang perpisahan dua pasang kekasih yang menjauh akibat kapsul waktu. Mereka bertemu kembali saat semuanya sudah jauh berbeda, sang perempuan begitu marah dan meski batinnya sakit, ia berusaha bahagia dengan apa yang ia miliki. Semilir angin menjadi saksi ketika mereka akhirnya berjumpa.

7. Curhatan teman

pexels-photo-271645
via pexels.com

Kadang apa yang dicurhatin teman tentang kisah pribadinya bisa mendatangkan inspirasi lho. Entah dia sedang kesal, marah, kecewa, bahagia, atau berbagai perasaan lainnya bisa kamu eksplorasi menjadi sebuah ide cerita.

Jadi jangan heran kalau aku akan mendengarkan baik-baik tiap ucapan teman, gerak-geriknya, perasaannya, di sanalah aku sedang mengambil detil dari inspirasi yang aku dapatkan. Salah satu cerita nyata yang dibuat berdasarkan curhatan teman ini adalah artikel How To Fix Love and Broken Heart.

8. Campuran antara realita dan fiksi

pexels-photo-935789
via pexels.com

Kisah percintaan yang dialami sendiri sering banget dijadikan bahan tulisan. Entah itu sedang jatuh cinta atau patah hati, kecewa atau menangis. Semua orang yang menginspirasiku pasti punya kesempatan untuk menjadi tokoh cerita atau pesan yang ingin disampaikan dari kisah yang aku alami menjadi pesan moral buat pembaca.

Tentu cerita ini disamarkan waktu, nama asli, dan dialognya jadi agak dicampur dengan fiksi. Fungsinya supaya orang yang dimaksud gak kegeeran. Haha. Engga deh maksudnya supaya gak keliatan curhat banget sih. Contoh cerita yang bisa kamu baca yaitu Ampas Kopi. Pait, ye?

Itu dia beberapa hal yang biasanya mendatangkan ide cerita dan membuatku terinspirasi menulis. Penulis sebaiknya lebih peka terhadap segala kejadian jadi gak kehabisan stok cerita. Tajamkan kelima panca indera supaya lebih memudahkan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Diterbitkan oleh

Siti Yulianingsih

Saat bermimpi, kita tidak pernah tahu apakah mimpi tersebut hanya akan jadi sejarah atau langkah awal untuk mengepakkan sayap lebih lebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s