Menulis Membuatku Jadi Lebih Hidup

Sejujurnya, aku sendiri merasa ragu saat memutuskan untuk mengikuti tantangan ini. Ya gimana engga, kalau sebulan penuh harus menulis dengan tema yang sudah ditentukan pula. Tapi setelah dipikir-pikir, daripada blog diisi sarang laba-laba saking lamanya gak diupdate tulisan baru, akhirnya aku mau mengikuti tantangan ini. Anyway, hari pertama ini temanya adalah :

Kenapa Menulis Blog_

Seperti halnya hobi lain, yang kalau gak dilakuin pasti membuat hidup jadi hampa alias gak berwarna, begitu pula dengan menulis. Awalnya, aku belum menyadari menyukai aktivitas ini; merangkai kata menjadi sebuah tulisan yang cuma bisa dinikmati diri sendiri. Beberapa buku harian berjejer rapi di dalam lemari baju, takut kalau nanti dibaca sama ibu karena isinya cerita-cerita tentang abege unyu gitu, tapi dari sanalah asal muasal aku suka menulis.

IMG_20181120_191922_HDR

Menulis menjadi pelarianku saat ucapan tak lagi bisa memperbaiki keadaan. Menulis membuat segala umpatan dan amarah menjadi sebuah karya, mulai dari coretan iseng, terus jadi puisi, kemudian cerpen dan novel (yang selalu kandas di tengah jalan muehehehe). Yang awalnya hanya ditulis dibuku hingga berpindah ke platform menulis seperti blog. Begitu seterusnya sampai keinginan untuk serius mendalami dunia literasi semakin menggebu. Apalagi saat bertemu dengan teman-teman yang punya hobi menulis juga. Dari merekalah semangat untuk menambah wawasan mengenai kepenulisan bertambah kuat.

“Tulis apa yang ingin kau tulis. Suka atau tidak, itu cuma perkara selera.”

Slogan itulah yang selama ini kupegang. Tidak semua tulisanku disukai oleh orang-orang, namun tidak sedikit pula yang menyukainya. Jadi seburuk apa pun tulisanmu, menulis saja. Selalu ada yang dapat mengambil manfaat dari tulisanmu, sekecil apapun itu.

Menulis blog merupakan salah satu jalan untuk menunjukkan personal branding. Apa sih personal branding? Dalam salah satu sesi workshop kepenulisan, Kak Ollie, mengatakan bahwa your personal branding separates you from everyone else in the world. Maksudnya adalah sesuatu yang kamu miliki, yang membedakanmu dari orang lain, dan mereka tidak memilikinya.

Saat itu aku memutuskan bahwa orang-orang harus mengetahui bahwa aku adalah seorang penulis. Nah, blog adalah the best way to introduce my self as a writer.  Saat aku melamar menjadi freelance content writer misalnya, salah satu syaratnya adalah memiliki blog. Nah, untungnya aku sudah punya blog walau ngisinya semau gue aja. Jadi blog dapat berfungsi sebagai curriculum vitae, terlebih lagi kalau kamu ingin jadi penulis artikel.

Untitled

Blog sebagai wadah opini dan inspirasi. Sering banget aku ngalamin di mana ada hal-hal yang tidak bisa aku ungkapkan secara lisan namun jadi lancar saat dituliskan. Dengan tulisan, aku jadi lebih bebas mengemukakan pendapat. Misalnya, abis nonton film terus jadi kepikiran untuk bikin reviewnya, pelajaran yang bisa diambil dari film tersebut, lagi jalan-jalan santai malah dapet ide tulisan, atau nulis sesuatu yang random aja gitu. Blog bisa jadi wadah opini dan inspirasi yang lebih luas karena bebas bisa dibaca oleh semua orang.

Menulis blog untuk ikut lomba. Yep! Banyak banget lho lomba-lomba blog dengan beragam tema. Mulai dari traveling, financial, kesehatan, makanan, make up, dan lain-lain. Hadiahnya juga besar, seperti umroh, tiket pesawat, alat elektronik, juga uang tunai. Seru deh menulis blog itu. Jadi sebenernya isi dari blog aku pun campuran udah kayak gado-gado.

pexels-photo-851213

Itu dia alasan-alasan kenapa aku menulis blog berdasarkan pengalaman menulis yang baru seumur jagung. Menulis membuatku jadi lebih hidup karena bisa membagikannya pada orang lain. Sehari saja tidak menulis, rasanya seperti ada yang kurang. Btw, semoga tulisan ini menginspirasi!

Diterbitkan oleh

Siti Yulianingsih

Saat bermimpi, kita tidak pernah tahu apakah mimpi tersebut hanya akan jadi sejarah atau langkah awal untuk mengepakkan sayap lebih lebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s